Powered By Blogger

Thursday, July 28, 2011

5 Tips Mudah Agar Tetap Subur Bagi Pria

Ketidaksuburan/Infertilitas bukan hanya berasal dari wanita saja.Faktor kondisi pria juga memegang peranan penting. Dalam hal ini adalah kualitas dan kuantitas dari sel sperma yang mempunyai peranan penting dalam proses pembuahan.
Namun ada beberapa sebab lain yang menyebabkan ketidaksuburan pria, antara lain: adanya penyakit seperti diabetes, tumor atau kanker testis, impotensi atau kelainan genetik.

Ada beberapa masalah gangguan pada sperma diantaranya adanya antibodi sperma, infeksi karena bakteri yang bisa menurunkan kelincahan sperma.
Jumlah sperma yang kurang ( oligospermia) menyebabkan peluang membuahi sel telur menjadi rendah. Kuantitas sel sperma kurang dari 20 juta per milimeter per ejakulasi, pergerakan/mobiliti minimal 40% sperma sehat dan bentuk sperma tidak normal atau sempurna adalah ciri-ciri sel sperma yang tidak normal.
Namun ini semua ini dapat dicegah, apabila sudah terjadi setelah pengobatan bisa dilakukan tindakan pencegahan.
Ada 5 Tips  Mudah yang bisa para calon Ayah lakukan agar kesuburan tetap terjaga:
1. Pola hidup sehat
Diantaranya stop merokok dan konsumsi alkohol, olah raga yang cukup dan teratur.
2 . Pola Makan Sehat
Gaung 4 sehat 5 sempurna tetap harus dipertahankan. Cobalah untuk mengubah pola makan yang tidak sehat misalnya makanan junk food,softdrink atau yang mengandung pengawet.Demi kesuburan dan calon penerus, praktekkan pola makan yang seimbang kandungan gizinya dan mendukung kesuburan, misalnya makanan yang mengandung vitamin C seperti buah jeruk,kiwi dan paprika dan seng seperti udang dan tiram.
3. Kurangi berat badan
Berat badan berlebih atau kegemukan bisa mengurangi kesuburan pria, apalagi dikombinasikan dengan penyakit seperti diabetes. Usahakan untuk mengurangi berat badan dengan diet sehat dan olah raga teratur.
4. Stop konsumsi obat-obatan terlarang
Semoga tidak ada Bapak yang mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti kokain,marijuana atau ekstasi yang merupakan racun bagi tubuh dan menurunkan kualitas dan kuantitas sperma.
5. Monitor suhu testikel
Mungkin ada Bapak yang tidak menyadari jika testis terkena suhu yang panas/tinggi bisa mempengaruhi produksi sperma. Misalnya mandi sauna dan mengemudi mobil dan duduk terlalu lama. Monitor secara rutin suhu pada testikel sangat membantu kesuburan pria.
Gunakan juga celana dalam boxer yang terbuat dari katun.Hindari memakai celana dalam yang ketat.
Demikian 5 Tips mudah agar tetap menjaga kesuburan para pria. Kelihatannya mudah, namun tidak semudah yang dikatakan.Oleh karena itu diperlukan komitmen yang tinggi dan niat yang kuat untuk menjalaninya. Peranan dan dukungan istri juga sangat membantu keberhasilan terapi ini.
Demi kesehatan dan kehadiran sang buah hati, pasti para suami siap melaksanakannya.
Tetap semangat.
Popularity: 35% [?]

No comments: